Artikel Terpopuler

Amr bin Kultsum

Penyair kedua yang terkenal pada masa jahiliyah adalah Amr bin Kultsum (عمرو بن كلثوم). Kita mulai saja, penyair yang bernama lengkap Amr bin Kultsum bin Malik bin 'Uttaab (عمرو بن كلثوم بن مالك بن عتاب) ini mempunyai gelar Abu al-Aswaad (أبو الأسود). Yah sesuai dengan gelarnya ia termasuk kulit hitam. Penyair yang lahir di bagian Utara Jazirah Arab ini, masuk kejajaran Penyair Mua'allaqat (baca : Mua'llaqat).  Ia pernah berkelana ke Syam, Irak, dan Najd. 
ٍSebenarnya Para Sejarah sastra tidak bisa memastikan kapan ia lahir. Namun, Caussin de Perceval[1]berpendapat Ia lahir sekitar 525 M.
Adapun Bapaknya termasuk salah satu pemimpin kaumnya, menikah dengan Laila binti al-Muhalhal [2](ليلى بنت المهلهل). Ayahnya ini termasuk Penyair gagah terkenal pada perang Taghalib dan Bakar. Maka Abu Al-Aswad ini hidup dikeluarga pemimpin kabilah terkuat pada masa jahiliyah. Maka ada istilah :
لو أبطأ الإسلام قليلا، لأكلت بنو تغلب الناس
Kalaulah Islam lahir mundur sedikit, Akan terkalahkan oleh Bani Taghallub.[3].
itulah sekelumit sejarah sastrawan arab pada zaman jahiliyah; Abu Al-Aswad. untuk lebih lanjut tentang karya-karyanya akan dibicarakan lebih lanjut.
[1]Caussin de Perceval : Essai sur I'histoire des arabes. Tabl 1X,B.
[2]Lihat al-Ashfahaani, Al-Aghaani, 11/43, dia Pejuang Arab
[3]Al-Khatib Al-Tabrizi, Syarh al-Qashaaid al-'Asyr. Hal 318
 
Copyright ©2011 SastraArab | Powered by blogger