Artikel Terpopuler

Masa Jahiliyah (العصر الجاهلي)

 
Terjemahan dari Buku Adab wa Nossus(الأدب والنصوص : لغير الناطقين بها) Juz Pertama Halaman 1.

 

Masa Jahiliyah (العصر الجاهلي) sekitar satu setengah abad sebelum datangnya agama Islam di Jazirah Arab, Para Peneliti Sastra menamainya sebagai al-huqbah al-zamaniyyah (الحقبة الزمنية), yaitu masa kesempurnaannya Bahasa Arab; berupa Puisi Jahili. Oleh karena itu, kita akan membatasi Masa Jahiliyah ini sekitar 150 tahun sebelum datangnya Agama Islam, dan sebelum masa ini kita namai dengan Masa Jahiliyah Pertama (الجاهلية الأولى); masa yang mewariskan kita Puisi dan Bahasa Jahiliyah.[1]
Kata "Jahiliyah" yang dimaksud Penulis sekarang bukanlah kata yang berasal dari "al-jahlu" (الجهل); kebalikan dari "mengetahui" (العلم). Tetapi merupakan turunan kata dari "al-jahlu" (الجهل); yang berarti marah, nomaden dan kering. [2] Nama ini dinamai oleh orang-orang Islam untuk menunjukkan keadaan bangsa Arab sebelum datangnya Islam dengan penus keruksakan, kejahatan dan peperangan. Sebagaimana kita ketahui, bahwa letak geografis Jazirah Arab yang tandus akan mempengaruhi cara berpikir orang gurun pasir, dan cara berpikir orang gurun ini merupakan Akhlak kebanyakan orang Arab maka melekatlah sifat keberanian, kedermawanan, menepati janji, tolong menolong, cinta kebebasan, dan benci pemaksaan; sifat-sifat inilah yang melandasi cara berpikir para Penyair Arab Jahili membuat tema-tema puisi mereka.

1 Syauqi Dlaif, Tarikh al-Adab al-'Arabi. Juz 1 (Kairo : Dar al-Ma'arif, 78-1976 M). Hal. 38.

2 Lihat materi "Jahiliyyah" pada " Daairah al-ma'aarif al-islaamiyyah"

comment 1 Komentar Anda:

Anonim mengatakan...

Assalammu'alaikum, ditunggu kelajutan,nya & request terjemah Adabul Kathib kaya Ibnul 'Aththar ad-Dimasyiqi (wafat 724 H.)

Posting Komentar

Terima Kasih dengan Komentar Anda

 
Copyright ©2011 SastraArab | Powered by blogger