Artikel Terpopuler

Sumpah dalam al-Quran

Sumpah itu penguat pembicaraan seseorang agar dianggap benar. Sumpah pengikat janji perjanjian. Sumpah tradisi orang arab yang tak terlepas dari sifat mereka yang selalu memegang janji. Sumpah selalu diangkat jika sesorang menjabat dipemerintahan, layaknya Presiden dan para menteri. Atau sumpah juga dibuat, untuk mengikat seseorang sebagai umat yang telah bergabung pada organisasi, perkumpulan dan golongan tertentu. Dan Sumpah tetinggi bagi umat muslim dan tidak boleh bersumpah kecuali disandarkan kepada Tuhannya;Allah. seperti والله, بالله atau تالله. 

Semenjak saya SMA/MA di MAN Darussalam Ciamis, selalu bertanya-tanya tapi kesalahannya, belum pernah ditanyakan ke guru saya. Terjemahan yang pas untuk sesuatu yang disumpaihi Allah layaknya والعصر, والضهى, والشمس atau masih banyak lagi sumpah; atau istilah tafsirnya sering disebut qosam . Cobalah kita terjemahkan dengan "demi waktu, demi matahari atau demi malam". Kata "demi" terlalu abstrak, untuk diterjemahkan langsung.

Nah, akhirnya. Allah memberikan petunjuknya lewat teman saya (Wanwan); ia pernah mengikuti pengajian di Bandung dengan Ustadz %^&%^& (baca : Lupa). Ia mengatakan akan lebih meresap ke otak kita; yang berbeda latar belakang Orang Arab; jika penterjemahan "demi" dalam al-Quran digantikan dengan "PERHATIKANLAH". Contoh : perhatikan waktu, perhatikan malam".

Mudah-mudahan bermanfaat. Bagi yang penasaran atau mempunyai pendapat lain ikuti lah forum kami di facebook klik disini

 
Copyright ©2011 SastraArab | Powered by blogger